Trik-trik bagi Mahasiswa yang Tertarik Terjun Ke dunia Jurnalisme

Bill Kovach, Penasihat Senior di Project for Excellence in Journalism

Rasa ingin tahu dan gampang curiga serta punya wawasan yang luas adalah syarat pasti untuk menjadi wartawan yang baik.


Terkadang orang menganggap seorang wartawan itu harus memiliki gelar dalam bidang jurnalisme, atau harus lulusan dari sekolah tinggi jurnalisme. padahal yang terpenting adalah kebiasan mereka untuk kritis. selanjutnya tidak ada masalah jika mereka memang menginginka kulian di jurnalisme.

Hal yang terpenting untuk mulai karir di Jurnalisme adalah Anda harus bergabung dulu di pers-pers mahasiswa atau stasiun radio yang terdapat di dalam atau di luar kampus anda. anda dapat juga mengajukan magang di stasiun televisi lokal yang memungkinkan.

Hal ini dikarenakan, hampir semua media, mensyaratkan penglaman kerja bagi para calon karyawannya yang berminat menjadi wartawan.

Pengalaman yang sangat menyenangkan ketika Anda mencari berita dan dapat mengomentarinya dari dini. Lagian, Hal itu tentu tidak akan mengganggu studi Anda malalahn akan sangat membantu.

Yang Perlu juga Anda biasakan dari sekarang adalah menulis. tulislah apapun yang ingin Anda tulis. lihat apa yang ada di sekitar Anda, dan tulislah tentang mereka. Hal itu pasti sangat membantu dan akan memudahkan ketika Anda telah menjadi wartawan profesional.

Good luck.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Karl marx

Biografi adam smith